Kamis, 17 Desember 2015

INOVASI IT terbaru



Agile Robot
Agile Robot adalah sebuah robot yang dapat berbuat apa yang kita mau, tidak seperti robot lain yang bergerak masih canggung dan kaku, agile robot ini dapat menari dan sekaligus mengerjakan pekerjaan sesuai yang diminta. Setiap langkah membutuhkan keseimbangan dan kemampuan untuk beradaptasi dengan ketidakstabilan dalam hitungan detik. Hal ini membutuhkan cepat menyesuaikan mana kaki Anda akan mendarat dan menghitung berapa banyak kekuatan untuk menerapkan untuk mengubah arah tiba-tiba. Tidak heran, kemudian, bahwa sampai sekarang robot belum sangat baik dalam hal itu.
Bertemu Atlas, sebuah robot humanoid yang dibuat oleh Boston Dynamics, perusahaan yang diakuisisi Google pada bulan Desember 2013. Hal ini dapat berjalan di medan kasar dan bahkan berjalan di tanah datar. Meskipun robot sebelumnya seperti Honda ASIMO dan kecil QRIO Sony mampu berjalan, mereka tidak dapat dengan cepat menyesuaikan keseimbangan mereka; sebagai hasilnya, mereka sering canggung, dan terbatas dalam nilai praktis. Atlas, yang memiliki rasa yang luar biasa dari keseimbangan dan dapat menstabilkan sendiri dengan mudah, menunjukkan kemampuan bahwa robot akan perlu untuk bergerak di sekitar lingkungan manusia aman dan mudah.
Beda dari yang lain robot ini bergerak seperti manusia dan tanpa suara kebisingan yang berisik, ia dapat bergerak luwes dan tidak seperti robot lain yang bergerak patah-patah. Robot ini terbuat dari titanium trash. Atlas meliputi 28 derajat hidrolik yang dapat menggerakkan kedua tangan, kedua kaki, lengan. Maka dari itu sebuar tobot ini dapat digunakan untuk medan berat. Mungkin salah satunya dapat digunakan untuk membantu mengevakuasi saat ada kejadian bencana di pegunungan, ataupun dilingkungan yang cukup menantang.
Selain dapat berjalan pada lingkungan yang berat, robot ini dapat juga mengangkat dan membawa barang dengan cara berjalan bipedaly dan dia langsung dapat menyesuaikan juga saat membawa barang di lingkungan yang kurang enak atau lingkungan yang berat. Dan terdapat pada kepalanya ada sensor kamera dan berbagai finder laser. Robot ini juga didukung dari off board, yang dimana power suply yang menyambungkannya tali fleksible.
Perancang robot agile ini adalah Will Knight. Will Knight adalah senior di MIT Technology. Terutamanya dia ada dibidang kecerdasan mesin, robot, otomatisasi, tetapi dia tertarik pada bidang komputasi. Robot ini yang terus dikembangkan di MIT Technology untuk mencari kesempurnaannya


Plant of Power Plants
            Tim insinyur elektronik di Universitas Laboratorium Linkoping berhasil menyatukan tanaman dan mesin, sangatlah tidak wajar jika adanya penyatuan tanaman dan mesin, jika dilogika mesin dengan manusia masih bisa, tetapi hal ini ada yang menciptakan sebuah alat yang berhubungan mesin dengan tanaman. Disini ditemukannya tanaman bisa menjadi pembangkit listrik. Para peniliti dipimpin oleh Magnus  Berggren menggunakan polimer semi konduktif untuk membuat sirkuit analog dan digital elektronik didalam mawar yang hidup.
            Para peneliti mencobanya dengan memperkenalkan polimer sintetik yang disebut pedot-s kedalam batang mawar yang dibuat percobaan. Tanaman menghisap polimer menggunakan beberapa sistem vaskular yang sama yang mengangkut air, atau bisa disebut dalam bahasa biologinya xilem. Sejak didalam saluran xylem polimer merakit diri kedalam kawat yang akan menjalankan sinyal-sinyal listrik yang memungkinkan nutrisi dan air untuk berpindah. Dengan menghubungkan kawat elektrolit yang terjadi secara alamiah didalam jaringan tanaman. Dan ini para peneliti bisa membuat transistor elektrokimia, gerbang digital logika, dan komponen dasar dari system komputer.
Selain memperkenalkan varian Pedot-S kepada batang, Para peneliti juga memperkenalkan varian Pedot-S ke dalam daun, di mana ia membentuk "piksel"; kelompok sel elektrokimia dipisahkan oleh urat daun. Ketika tegangan diterapkan, piksel tersebut berubah warna seperti display  
Seperti yang dikatakan pemimpin peneliti ini, sejauh ini yang kami tahu tidak ada hasil penelitian yang dipublikasikan sebelumnya mengenai produksi elektronik dengan tanaman. Info ini baru diterbitkan sekitar 20 hari yang lalu. Dan masih belom jelas atau nampak tubuh dari alat ini.
Berggren mengatakan, sekarang kita benar-benar berbicara tentang pembangkit listrik, kita dapat menempatkan sensor pada tanaman dan menggunakan energi yang terbentuk diklorofil, memproduksi antena hijau atau memproduksi material baru. Dan semuanya terjadi secara nyata dan penelitian ini berhasil. Kemungkinan suatu saat kedepan alat ini yang massih dikembangkan akan digunakan sebagai penambah pembangkit tenaga listrik lainnya.

Referensi:

Darpa Robotic Hand Restore Sense of Touch
            Alat pengganti tangan yang telah cidera atau telah diamputasi karena kejadian yang buruk. Dari tangan yang diamputasi aini bisa merubah keadaan hidup kita, dengan canggungnya di badan ataupun kelumpuhan yang dapat menyerang. Project ini dibangun pada penelitian kepada seorang wanita yang lumpuh dengan dipasangnya sepasang elektroda dan ditanamkan di tubuhnya pada motorik korteks kiri dimana otak mengontrol gerakan dengan pikirannya, yang disuruh untuk mengarahkan anggota tubuh robot untuk mengambil secangkir kopi, berjabat tangan dan makan coklat
Kelumpuhan akibat keecelakaan hal yang tidak sangat baik atau mimpi buruk bagi semua orang, bahkan dikalangan usia anak-anak. Berawal dari pengerjaan tentang robotic, DARPA mengembangkan sebuah project untuk kesehatan, atau nama baiknya pelengkap anggota tubuh yang hilang, yang bisa disebut dengan pengganti tangan yang telah putus. setelah DARPA selesai mengembangkan alat ini, DARPA kemudian menguji seorang pria 28 tahun lumpuh selama lebih dari satu dekade dari cedera sumsum tulang belakang bisa merasakan sensasi fisik melalui tangan robot kabel ke otaknya. Dan maka dari itu Robotic Hand ini digunakan untuk menggantikan tangan yang telah diamputasi.
 Selain untuk digunakan tangan pengganti, alat ini dapat juga merasakan kembali apa yang telah lama saat si pasien sudah tidak dapat merasakan benda disekitarnya, dengan kabel rasa sentuhan dari tangan mekanik langsung ke otak, karya ini menunjukkan potensi untuk restorasi bio-teknologi mulus fungsi dekat-alami. Sisi mekanik yang sedang dikembangkan oleh John Hopkins mengandung sensor torsi canggih yang dapat mendeteksi ketika tekanan diterapkan pada setiap jari, maka mengkonversi perubahan-perubahan fisik menjadi sinyal listrik dan rute mereka ke array elektrodanya.
Hasil berkolaborasi study swis yang disebut dengan  LifeHand 2, menggunakan tangan robot, sedang dikembangkan oleh beberapa universitas di Eropa dan rumah sakit. Ada seorang pasien mengontrol gerakan tangan dengan teknologi standar.

Referensi:

Row-bot Scoot Across Ponds and Eats Dirty Water
Berawal dari tukang perahu yang sedang berluncur dipermukaan air. Sebuah tim insinyur di Bristol Robotics Laboratory telah membangun robot yang meniru bukan hanya bagaimana bergerak tukang perahu air, tetapi juga cara pesta di kolam air kotor. Yang disebut "Row-bot", dan dapat beroperasi tanpa batas di lokasi terpencil dengan mengumpulkan energi dari lingkungan. Rowbot ini masih diinfokan sedikit 19 hari yang lalu yang Jonathan Rossiter yang dimana dia adalah pemimpin tim yang mengembangkan dan membangun Rowbot ini.
Bagi pemilik kolam renang ataupun pemilik kolam ikan, dapan juga robot ini dijadikan suatu alat utama untuk membersihkan kolam yang kotor. Row bot ini tidak terlalu besar dan robot ini juga tidak selalu memerlukan kontak langsung dengan si manusia, dikarenakan row bot ini jika kehabisan baterai atau bahan bakan row bot ini bisa mengisi bahan bakarnya sendiri. Ketika itu kehabisan energi, Row-bot membuka mulutnya dan memasukan air kotor kaya nutrisi rendah ke dalam perutnya. Perut yang berisi sel bahan bakar mikroba, yang menghasilkan energi dari degradasi bahan organik. Kegunaan yang kedua, lebih kecil dari yang pertama, dapat memberi makan dari energi kimia dalam cairan sekitarnya untuk memulai proses pengisian bahan bakar.
Row bot ini juga dapat dijadikan alat pengintai didalam air, disini tidak dijelaskan berapa kedalaman maksimal yang dapat dicapai row bot ini. Kemungkinan suatu saat nanti row bot ini dapat digunakan alat pengintaian oleh suatu pihak intelejen untuk berbagai hal.  Tetapi Hemma Philamore menegaskan alat ini digunakan hanya untuk operasi bersih-bersih lingkungan dan kontaminan, seperti tumpahan minyak dan mekar alga berbahaya, dan untuk jangka panjang pemantauan ototnom lingkungan yang berbahaya.
Selain digunakan hal bersih-bersih, mungkin juga suatu saat nanti setelah rowbot ini dirilis mungkin sangat mudah membantu untuk mengawasi dan menjaga perbatasan laut negara yang dimana jika adanya penyusup ataupun pemasukan kapal dan barang yang ilegal yang melanggar UUD,dikarenakan rowbot ini tahan diair dan tahan dalam waktu yang sangat lama, kemungkinan besar rowbot ini akan digunakan untuk hal semacam itu.

Referensi:

4 komentar: